Rabu, 29 April 2020

Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

Dalam kehidupan bermasyarakat, kecenderungan mengalami mobilitas sosial berbeda-beda, ada masyarakat yang dengan cepat dan mudah mengalami mobilitas sosial, tetapi ada juga masyarakat yang cenderung sulit mengalami mobilitas sosial. Berikut beberapa faktor penghambat mobilitas sosial;

1) Kemiskinan
 kecenderungan mengalami mobilitas sosial berbeda Faktor Penghambat Mobilitas Sosial
Gambar Ilustrasi

Faktor ekonomi dapat membatasi mobilitas sosial. Bagi masyarakat miskin, mencapai status sosial tertentu merupakan hal yang sulit. Salah satu penyebab kemiskinan adalah pendidikan yang rendah. Masyarakat yang berpendidikan rendah berpengaruh terhadap sumberdaya manusia. Akibat, tingkat kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan terbatas. Saat ini, negara Indonesia masih memiliki penduduk miskin. Hal ini menjadi hambatan dalam mobilitas sosial. Karena itulah, pemerintah berusaha mengurangi kemiskinan itu dengan berbagai cara. Dengan hilangnya kemiskinan, dengan sendirinya masyarakat akan mudah mengakses berbagai fasilitas dasar dan memudahkan mobilitas.

2) Diskriminasi
 kecenderungan mengalami mobilitas sosial berbeda Faktor Penghambat Mobilitas Sosial
Gambar Ilustrasi

Disikriminasi berani pembedaan perlakuan karena alasan perbedaan bangsa, suku, ras, agama, dan golongan. Pada masa penjajahan, terjadi diskriminasi pemerintahan Hindia Belanda terhadap masyarakat keturunan Eropa dan masyarakat Indonesia. Dalam memperoleh pendidikan, masyarakat Indonesia disediakan sekolah kualitasnya berbeda dengan sekolah-sekolah khusus orang-orang Eropa. Itu tentu mempersulit mobilitas sosial rakyat Indonesia.