Rabu, 29 April 2020

Pengertian dan Macam-macam Jaringan Komunikasi

Jaringan dapat dibayangkan untuk menggambarkan bagaimana hubungan atau koneksi antar beberapa saluran, misalnya telepon pada sentral lokal, dapat terjadi. Jika hanya terdapat tiga atau empat saluran telepon, maka dengan mudah dapat diketahui hubungan satu dengan lainnya atau hubungan secara keseluruhan. Sebaliknya hal itu akan menjadi sulit dilakukan bila terdapat ribuan saluran yang harus disambungkan.

Metoda yang dipakai untuk mengatasi hal itu adalah dengan cara menyatukan mekanisme dengan membentuk penyaklaran (switching) hubungan tersentralisasi di suatu kantor. Ini biasa disebut sebagai sentral telepon (central office) atau sentral lokal (local office). Penyaklaran dapat dengan mudah dilakukan dengan cara kerja yang sederhana menggunakan plug dan soket atau kalau secara listrik digunakan piranti elektromekanik atau secara elektronik dangan penggunaan relai.

Selain jaringan yang digambarkan di atas sebagai jaringan telepon, sebenarnya ada banyak lagi jaringan yang dapat disusun dalam hirarki sambungan.

Jaringan-jaringan tersebut adalah :

1.   Jaringan dengan luasan lokal (LAN = local area network), merupakan jaringan dengan jarak terbatas menghubungkan terminal-terminal yang sudah ditentukan. Contoh jaringan ini adalah sambungan workstation pada kantor, bangunan atau kampus.

2.   Jaringan dengan luasan lebar (WAN = wide area network), ini lebih merupakan sebagai jaringan paket, tidak jaringan merupakan sambungan metropolitan atau antar jaringan 6. rangkaian tersaklar. Jaringan sinyal kanal bersama

3.   lokal, biasanya mengguakan fasiltas pembawa bersama (common carrier). Jaringan cerdas, merupakan suatu konsep yang memusat(common channel signaling), jaringan ini lebih dekat pada PSTN (public service telephone network = jaringan telepon umum). Ada suatu kan sejumlah sentral lokal cerdas. Contohnya adalah sentral lokal yang dapat contoh yang dapat disebutkan yaitu CATV (cable television). Sistem ini menggunakan tekmengetahui adanya hubungan jarak jauh pada sentral lokal nologi pohon percabangan. Dalam kasus ini, head-end tertentu. semacam kantor sentral

4.   Jaringan dengan optik serempak (SONET = synchronous menerima program dari satelit yang selanjutnya mengirimkan optical network), merupakan lingkaran sambungan optik semua sinyal keluar sesuai dengan tujuan. Jadi di sini yang mengijinkan adanya hubungan dua arah. tentu ada pembagian sebelum diteruskan melalui suatu me5. Internet, jaringan ini sedikit berbeda dengan jaringan yang dibicarakan di atas. Jaringan dia transmisi sekaligus mengadakan penguatan.